Selasa, 14 Februari 2012

Penyebab Utama Pembentukan Jerawat

Jerawat? Siapa yang ingin memeliharanya? Tentu tidak ingin kan? Berikut ini penyebab utama timbulnya jerawata pada kulit, cekidot:
@ Corneum yang terlalu tebal
Kulit berminyak cenderung memiliki corneum yang lebih tebal, menyebabkan kelenjar sebaceous tersumbat dan mengarah pada pembengkakan folikel rambut, whiteheads, bintik, dan jerawat.
@ Sebum yang berlebihan
Pengeluaran sebum yang berlebih biasanya disebabkan oleh hormon pria atau androgen pada tahap awal remaja. Ketidakseimbangan hormon setelah pubertas juga dapat menyebabkan pengeluaran sebum yang berlebih. Jerawat juga akan terbentuk apabila Anda kurang cermat dalam hal membersihkan wajah.
@ Pertumbuhan bakteri
Folikel rambut yang tersumbat menghentikan peredaran oksigen dan meningkatkan pertumbuhan bakteri anaerobic (bakteri-bakteri yang tidak menyukai oksigen) misalnya, streptococci. Bakteri-bakteri tersebut hidup dari memakan sebum dan berkembang biak dengan cara membuat folikel rambut meradang dan menyebabkan jerawat.
@ Penumoukan zat racun (toksin)
Ketika hati tidak befungsi dengan baik sebagai penetralisir toksin, kulit akan mengeluarkan lebih banyak toksin, misalnya toksin empedu yang dapat menyebabkan masalah-masalah kulit seperti whiteheads dan jerawat.
@ Faktor turunan
Jika seluruh anggota keluarga Anda memiliki masalah dengan kulit, kemungkinan besar Anda juga akan menderita kondisi yang sama.
Untuk itu, berikut ini tip-tip yang berguna untuk mencegah datangnya jerawat:
* Jangan menyentuh kulit Anda dengan tangan untuk mencegah infeksi bakteri yang menyebabkan jerawat. Kadang kala rambut juga dapat merangsang kulit wajah dengan berlebihan sehingga menimbulkan jerawat.
* Jagalah selalu kebersihan seprai, selimut, bantal, dan handuk Anda. Jemur di bawah sinar matahari merupakan cara efektif membunuh bakteri.
* Salah satu penyebab utama timbulnya jerawat adalah mengonsumsi makanan yang manis denagn berlebihan dan kurangnya kontrol diri terhadap makanan.
* Olah raga 3 menit setiap hari untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan berseri.
* Sering mengonsumsi makanan cepat saji cenderung menyebabkan sembelit, yang merupakan penyebab lain lain dari jerawat.
* Pola makan yang seimbang, menghindari makanan yang mengandung pengawet, dan lebih banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran alami seperti wortel, bayam, paprika hijau, kembang kol, dll, yang meningkatkan kekebalan alami tubuh Anda terhadap bakteri.
* Stress juga mengakibatkan pengeluaran sebum yang berlebihan yang pada gilirannya akan menimbulkan jerawat. Kebahagian/keceriaan dapat mencegah jerawat.
* Tidurlah paling lambat jam 11 malam, tidak peduli seberapa sibuknya Anda! Kulit memiliki metabolisme antara jam 11 malam hingga jam 2 pagi.
* Pembersihan wajah merupakan langkah awal menuju kulit yang segar berseri. Dua hari sekali sudah cukup. Terlalu banyak pembersihan cenderung menghilangkan sebum pelindung, dan kulit rentan terhadap kerusakan.
* Bersihkan riasan wajah ataupun tabir surya sebelum tidur untuk mencegah penyumbatan pori-pori yang akan menimbulkan jerawat.

Nah, supaya gak jerawatan, yuk ubah pola hidup kita dan ganti skincare-nya dengan yang lebih aman yaitu Skincare Botanical Organic dari Melilea :)

Sumber: Melilea Inner & Outer Beauty Booknote
Gambar: infoku.edublogs.org

Tidak ada komentar:

Posting Komentar