Selasa, 14 Februari 2012

Manggis si 'Queen of Fruit'

Kamis siang dapet sms dari Budhe Maita, katanya dah ngirim paket isi manggis dan keripik bote. Hemm.., tak sabar nunggu datangnya hari esok :) Besoknya, hari Jumat mbah di rumah bolak-balik mesti ngangkat telpon dari aku, hehe soale ditanyai mulu paketnya dah datang apa belom. Ternyata paketnya datang sore hari, langsung deh dibuka sama ayah. Dan isinya...., taraaaa... puluhan manggis dan 2 bungkus keripik bote. Untuk keripik bote dibahas di artikel berikutnya ya...
Serbuuu...., bunda*ma ayahnya gak mau kalah, banyak-banyakan makan manggisnya. Cyra awalnya agak ragu mau makan/enggak, tapi setelah tau rasanya eh dia ketagihan, gak mau berhenti, sampek di suruh stop sama si mbah.
Nah, ngomongin masalah manggis ini..., banyak kasiatnya lho bagi kesehatan tubuh kita, itu sebabnya dia dijuluki 'Queen of Fruit'. Buahnya yang segar mengandung gula sakarosa, dekstrosa, dan levulosa. Komposisi bagian buah yang dimakan per 100 gram meliputi 79,2 gram air, 0,5 gram protein, 19,8 gram karbohidrat, 0,3 gram serat, 11 mg kalsium, 17 mg fosfor, 0,9 mg besi, 14 IU vitamin A, 66 mg vitamin C, vitamin B (tiamin) 0,09 mg, vitamin B2 (riboflavin) 0,06 mg, dan vitamin B5 (niasin) 0,1 mg.
Berikut manfaat dari buah manggis ini:
* Kelebihan dari buah manggis yaitu dengan adanya penemuan sejenis bahan aktif di dalam buah manggis yang dikenali sebagai Xanthone. Xanthone ialah suatu bahan kimia aktif dengan strukturnya yang terdiri dari 3 cincin, dan sangat stabil ketika berada dalam badan, baik dalam keadaan panas atau dingin. Terdapat lebih dari 200 jenis bahan Xanthone di alam tetapi lebih dari 40 jenis Xanthone terdapat dalam buah manggis dan ini merupakan kandungan yang terbanyak. Khasiat terbaik dari Xanthone adalah bersifat anti-oksidan yaitu menghambat proses oksidasi atau proses penuaan tubuh/sel tubuh. Xanthone akan melindungi sel dan mengurangi kerusakan pada sel akibat radikal bebas. Selain bermanfaat sebagai anti-oksidan, buah manggis juga berkhasiat sebagai antibakteri, anti-kanker, dan anti-radang. Itulah sebabnya buah manggis dapat menghindarkan kita dari penyakit-penyakit berbahaya dan mematikan seperti penyakit jantung, kanker, alzheimer, diabetes, arthritis, hipertensi, gangguan pernapasan, dll.
* Bagian lain yang bermanfaat adalah kulit buahnya, karena mengandung tanin, resin, dan crystallizable mangostine (C20H22O5), yang mudah larut dalam alkohol atau ether, tidak larut dalam air. Kulit manggis amat berkhasiat untuk membuang asam ureat di dalam tubuh yang berguna bagi penderita reumatik/gout.
* Secara tradisional, buah manggis juga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Penyakit-penyakit ringan seperti wasir, sariawan, luka-luka, niscaya dapat disembuhkan dengan cara rajin konsumsi buah manggis.
* Manggis juga dapat mencegah munculnya berbagai jenis jamur yang merugikan dalam tubuh kita.
Banyak sekali manfaat manggis ya..., nah jadi lebih suka konsumsi manggis ne. Coba saja tiap saat musim manggis, dan ada yang ngantar manggis gratis.., hehe...

#dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar