Selasa, 14 Februari 2012

Keripik Bote

Di dalam paket manggis itu juga ada 2 bungkus keripik bote lho. Bote sejenis umbi talas, yang mempunyai daun lebar. Penyajiannya bisa di kukus saja, di buat getuk, keripik, isian kolak, dll sesuai selera hehe.
Keripik bote dari Budhe Maita ini enak banget rasanya, asinnya pas, gak terasa eneg dengan penyedap.
Berikut ini beberapa inpo tentang talas:
Talas merupakan sumber karbohidrat, protein, dan lemak. Talas juga mengandung beberapa unsur mineral dan vitamin sehingga dapat dijadikan bahan obat-­obatan. Penggunaan talas sebagai obat tradisional adalah pembuatan bubur akar rimpang talas yang dipercaya sebagai obat encok. Selain itu cairan akar rimpang sebagai obat bisul, sementara getah daunnya sering digunakan untuk menghentikan pendarahan karena luka dan sebagai obat untuk bengkak. Pelepah dan tangkai daun yang dipanggang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi gatal­-gatal. Pelepah daun juga diyakini mampu mengobati gigitan kalajengking.
Dari inpo diatas, perlu diperhatikan juga sebelum kita mengonsumsi umbi talas sebaiknya direndam terlebih dahulu dengan larutan faram. Hal ini untuk mengurangi kadar kalsium oksalat pada talas. Kalsium oksalat dari persenyawaan garam antara ion kalsium dan ion oksalat. Ion ini sangat bermanfaat untuk proses metabolisme dan untuk pertahanan internal bagi talas.
Namun untuk manusia senyawa ion bisa menimbulkan rasa gatal-gatal dan iritasi pada kulit (tenggorokan). Nah untuk itu dilakukan perendaman tadi, tidak lama kok hanya 5 menit saja. Lalu bilas dan cuci bersih.

#dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar