Senin, 30 Januari 2012

Organik.., organik.., dan organik...


Ramai orang membicarakan tentang organik, baik itu makanan organik, kosmetik organik, pupuk organik, dll. sebenarnya apa sih organik itu? Istilah Organik sebetulnya bukan hanya mengacu pada makanan saja, tetapi juga proses produksi dan pengolahan makanan tersebut. Produksi makanan organik didasarkan pada sistem yang sangat bergantung pada kesuburan tanah secara alamiah. Jadi makanan organik adalah makanan yang pengolahannya tanpa tambahan bahan pengawet, perasa, dan pewarna buatan. Sistem organik tetap menjaga kearifan lokal. Benihnya merupakan benih lokal dan tidak boleh memakai benih transgenik. Pupuknya biasanya merupakan pupuk alami dari kompos atau kotoran dan urine sapi. Sistem pertanian organik tidak  memakai pupuk atau pestisida sintetis. 
Lalu mengapa kita sebaiknya memilih yang organik? Secara garis besarnya supaya sehat, aman, dan menjaga lingkungan hidup.
Produk organik dapat dipastikan memiliki manfaat yang baik bagi kita, terutama produk yang dikonsumsi secara langsung seperti makanan-minuman dan kosmetik.
Saat ini banyak sekali kita jumpai sayur, beras, kacang-kacangan dengan logo organik, tetapi benarkah organik? Termasuk kelas organik bintang berapa?
Sampai saat ini produk organik yang saya perbayai adalah produk dari Melilea. Selain jelas perusahaannya produknya sudah terjamin dan pendapat berbagai penghargaan internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar