Selasa, 07 Februari 2012

Memenuhi Kebutuhan Tubuh

* Cara Tubuh Memperoleh Unsur Organik
Tubuh manusia terdiri atas unsur-unsur atom, seperti oksigen, karbon, hidrogen, nitrogen, kalsium, fosfor, potasium, belerang, sodium, magnesium, zat besi, iodin, klorin, fluorin, dan silikon. Apabila tidak ada keseimbangan di dalam darah, sel-sel otot, organ-organ tubuh, dan kelenjar atau salah satu unsur itu kurang, tubuh pun tidak lagi dalam keadaan sehat. keadaan seperti ini disebut dengan 'toxemia' (keracunan atau sakit). Kecuali dalam keadaan terpaksa, toxemia ini harus diperbaiki dari dalam tubuh itu sendiri dengan cara makan makanan bergizi yang mengandung unsur-unsur lengkap seperti yang telah disebutkan di atas. Apabila makanan yang dimakan setiap hari dengan segala jenisnya dipilih dan diatur secara baik, kebutuhan tubuh akan terpenuhi.
Di dalam tanah terdapat sekitar 16 jenis mineral utama. Keenambelas jenis mineral itu terdapat juga di makanan yang kita makan dan di dalam tubuh. Meskipun tubuh membutuhkan unsur yang sama seperti yang terdapat di dalam tanah, kita tentunya tidak dapat makan tanah tersebut dan kemudian tetap bertahan hidup. Hal ini disebabkan mineral-mineral yang ada di dalam tanah itu bersifat anorganik atau mati, sedangkan mineral-mineral yang dapat diserap tubuh kita adalah yang organik. Oleh karena itu, tubuh kita membutuhkan mineral-mineral organik dari tumbuhan.
Cara tubuh kita memperoleh unsur-unsur mineral organik merupakan hal yang menarik. ketika tumbuh di atas tanah, maka tanaman akan menyerap mineral-mineral anorganik dan mengubahnya menjadi organik. Perubahan yang terjadi dengan bantuan cahaya matahari itu merupak`n rahasia alam yang tidak dapat diterangkan oleh para pakar. Jadi, ketika seseorang makan tumbuh-tumbuhan, dia akan mendapat mineral organik yang merupakan kebutuhan tubuhnya. Minera-mineral organik yang banyak terdapat di dalam sayuran segar dan buah-buahan ini merupakan penyusun jaringan dan sel-sel di dalam tubuh.
* Tubuh terdiri Atas Apa yang Kita Makan
Setiap jaringan tubuh terdiri atas apa yang dimakan. 'We are what we eat' adalah ucapan para ahli gizi. Apabila kita makan makanan bergizi, kita akan memperoleh tubuh yang sehat, tetapi jika kita makan makanan yang mineral organiknya sudah tidak ada, dengan sendirinya kesehatan tubuh kita pun akan terganggu. Itulah sebabnya kita harus makan makanan yang bergizi dan dibutuhkan oleh tubuh. Sepertihalnya makanan Adam dan Hawa yang terdiri atas buah-buahan dan sayuran serta biji-bijian, makanan orang Hunza yang berusia panjang pun berupa makanan-makanan segar. jenis makanan itulah yang terbaik untuk manusia karena dapat melengkapi kebutuhan protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral di dalam tubuh.
Fungsi makanan bukan hanya sebagai sumber tenaga, tetapi juga untuk menghangatkan dan menguatkan tubuh, serta mengganti bagian-bagian sel tubuh yang sudah aus atau rusak. Setiap hari sebagian anggota tubuh itu menua, aus, dan perlu dibangun kembali. Ausnya bagian-bagian tubuh ini terjadi secara berangsur-angsur.
Ausnya bagian tubuh dan rontoknya rambut di kepala bukanlah masalah besar dibandingkan dengan ausnya alat-alat jantung atau kelenjar-kelenjar penting lainnya. Apabila jantung tidak dapat berfungsi sempurna, terancamlah hidup si penderita. Di sinilah fungsi makanan sangat berperan. Makanan bergizi, di samping melengkapi kebutuhan energi bagi otak dan otot, juga membangun dan mengganti jaringan-jaringan yang sudah aus dari setiap bagian tubuh, termasuk jaringan pada jantung dan organ-organ penting lainnya.
* Kebutuhan Tubuh
Ada beberapa unsur di dalam makanan yang dibutuhkan tubuh manusia. Unsur-unsur ini perlu disesuaikan dengan fungsi pada setiap anggota tubuh. Dibawah ini terdapat unsu-unsur utama bagi tubuh serta fungsinya di dalam tubuh.
# Tubuh memerlukan protein yang dibutuhkan untuk pertumbuhan, mengganti atau memperbaiki sel-sel yang aus atau rusak, serta mendukung ketahanannya.
# Tubuh memerlukan karbohidrat yang merupakan sumber tenaga. Mereka yang bekerja dengan tenaga fisik memerlukan karbohidrat yang lebih banyak daripada pekerja kantor yang menggunakan tenaga dan pikiran.
# Tubuh memerlukan lemak sebagai sumber tenaga dan penghangat. Lemak juga berfungsi sebagai pelindung organ tubuh, seperti paru, jantung, dan hati.
# Tubuh memerlukan mineral, seperti kalsium, yodium, klor, dan fosfor. Mineral-mineral ini membuat tubuh menajdi kuat, menolong pembekuan darah, membentuk hemoglobin, dan mengatur metabolisme tubuh.
# Tubuh memerlukan vitamin untuk kesehatan urat saraf, mencegah perdarahan, meningkatkan pertumbuhan, kesehatan gigi, menolong pembekuan darah, dan mencegah terjadinya infeksi.
# Tubuh memerlukan enzim, selain enzim yang sudah ada di dalam tubuh, juga enzim yang terdapat dalam makanan. Enzim berguna untuk orang berusia lanjut dan berusia panjang.
# Tubuh membutuhkan air untuk proses sistem tubuh.

Dr. R.A Nainggolan, Terapi Jus & Diet, Cara Alami Menaklukkan 99 Jenis Penyakit. 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar